1.MODEM

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi komputer.

Jenis-jenis modem:

1.Modem Kabel

Modem Kabel merupakan modem untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon.
Modem kabel yang pada awalnya hanya ada yang eksternal (dihubungkan ke PC via kabel serial melalui port COMx yang menggunakan kabel DB-9 atau DB-25), beberapa tahun kemudian setelah modem menjadi kebutuhan pokok, mucullah modem internal (yang tertanam langsung di motherboard).
Pada periode 1990-an ditawarkan juga koneksi kabel digital dari sentral telepon ke rumah pelanggan menggunakn fiber-optik yang merupakan realisasi dari jaringan telepon ISDN (leased-line dengan kecepatan 144 kbps).
Kemudian setelah tahun 2000, muncul teknologi baru pengganti fiber-optik yang dikenal dengan nama modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line: kabel pelanggan digital asimetrik).

 

2.Modem wireless

Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah.

 

2.ISP

ISP adalah perusahaan penyedia jasa pelayanan internet. Peran ISP adalah menghubungkan kita dengan jaringan internet internasional. Jenis layanan yang disediakan oleh setiap ISP kepada setiap pelanggan berbeda-beda. Demikian pula dengan biaya yang dikenakan. Beberapa ISP mungkin memasang tarif perbulan dengan pemakaian tidak terbatas, atau dengan sistem hitungan per jam atau kedua dua nya. Dalam hal ini, pertimbangan tentu saja pada banyak nya waktu pemakaian internet. contoh pada saat kita membutuhkan internet lebih dari 5 jam sehari mungkin sistem pembayaran nya perbulan lebih menguntungkan. .Namun jika kita jarang jarang memakai internet, maka sistem pembayaran per jam lebih menguntungkan. Selain itu, beberapa ISP juga menerapkan sistem Abonemen dan biaya overtime (kelebihan waktu pengaksesan) serta biaya biaya lain yang berbeda antara satu ISP dan ISP lainnya Untuk dapat terhubung dengan internet melalui ISP kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu pada ISP tersebut.

3.Komputer

Komputer  adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

4.Saluran Telepon

Koneksi ke internet dapat dilakukan setiap saat (on-line) di mana setiap hubungan sifatnya dedicated connection. Koneksi memiliki sifat highly reliability dan highly secure. Tidak seperti modem kabel, ADSL memberikan dedicated line ke Internet.

Dikarenakan teknologinya, tidak semua jaringan telepon dapat dipergunakan untuk layanan Speedy. Untuk dapat melakukan koneksi ADSL, diperlukan kualitas jaringan telepon yang cukup baik serta alat Digital Subscriber Line Access Multiplexer di STO[3] Telkom terdekat yang melayani jaringan telepon yang ingin dikoneksikan dengan Speedy. Bila jaringan tersebut belum cukup memadai.

Untuk melakukan koneksi internet, modem ADSL melakukan 2 tahap koneksi:

1.      Koneksi ADSL dari modem ke DSLAM di STO terdekat

2.      Koneksi Internet melalui BRAS (Broadband Remote Access Server), dengan terlebih dahulu melalui proses otentikasi di RADIUS (Remote Authentication Dial In User Server) untuk memverifikasi username dan password pelanggan

Biasanya pada modem ADSL, kedua tahap koneksi tersebut dapat terlihat dari lampu led yang berlabelkan “ADSL” dan “Internet”.